10 Alasan Kenapa Kamu Harus Latihan Yoga

Apakah kamu memiliki resolusi lebih sehat di awal tahun ini? Jika ya, Latihan Yoga bisa menjadi pilihan kamu untuk mencapai resolusi tersebut. Saat ini, tidak sedikit orang menjadikan Yoga bukan hanya sekedar olahraga melainkan telan masuk kedalam gaya hidup. Lewat segudang manfaat Yoga mampu membius banyak kalangan untuk tertarik melakukan Yoga.

Yoga sendiri, berasal dari bahasa sansekerta yang berarti sang pencipta. Yoga merupakan satu dari salah satu enam ajaran yang berakar dari Falsafah Hindu yang sangat menitikberatkan pada aktivitas meditasi dan pernafasan. Meski begitu, jangan remehkan manfaat kesehatan yang diberikan dengan latihan Yoga.

10 Manfaat Latihan Yoga untuk Kesehatan

Ternyata, Yoga memiliki segudang manfaat untuk berbagai kesehatan tubuh yang pastinya belum banyak orang yang mengetahui. Nah, penasaran soal segudang manfaat melakukan Yoga? Simak 10 manfaat melakukan Yoga berikut ini.

Baca juga: 6 Manfaat Yoga Bagi Produktivitas Kerja

1. Menurunkan stres

Padatnya aktivitas kerja ditambah mobilitas tinggi pastinya kerap membuat kamu stres di segala waktu. Memang bukan rahasia umum jika Yoga mampu mengurangi stres serta menurunkan tekanan darah. Bahkan Yoga dapat mengurangi banyak gejala masalah kesehatan mental terutama kecemasan.

2. Menurunkan berat badan

Yoga memang tidak banyak mengandalkan gerakan kardio, tapi percaya atau tidak bahwa Yoga adalah salah satu cara terbaik untuk dapatkan berat badan ideal. Baru-baru ini, melalui penelitian lembaga kesehatan Amerika Serikat, National Cancer Institute menunjukan jika Yoga menjadi salah satu dara sehat untuk menurunkan berat badan, terutama untuk mereka yang berusia menengah.

3. Melatih kekuatan tubuh.

Latihan Yoga mampu melibatkan begitu banyak otot dalam gerakannya, dari otot inti hingga otot lengan. Ini adalah cara terbaik untuk melatih kekuatan otot serta membakar lemak di tubuh. Ga percaya? Cobalah sekali waktu dan rasakan manfaatnya untuk guna membakar lemak dan turunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Gerakan Yoga Menghilangkan Sakit Kepala yang Mudah

4. Membuat pikiran lebih fokus dan tingkatkan daya ingat

Dengan teknik pernapasan dan konsentrasi, Yoga mampu membantu kamu menjadi lebih fokus dan meningkatkan daya ingat. Lewat tekniknya yang amat berfokus pada konsentrasi, Yoga juga mampu tingkatkan fungsi otak untuk tingkatkan daya reflek.

5. Meringankan rasa nyeri

Nyeri leher, nyeri lutut, nyeri punggung adalah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan lewat latihan Yoga. Tidak hanya itu, melalui penelitian Harvard Medical School, yoga juga banyak meringankan berbagai penyakit kronis terutama yang bergantung pada saraf.

6. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau susah tidur memang sangat lekat di tengah masyarakat dengan mobilitas kerja tinggi. Tapi apa kamu tahu, jika peyakit Insomnia bisa kamu atasi dengan Yoga. Penyebab Insomnia terletak pada pikiran manusia, disinilah peran yoga untuk menyegarkan dan menghapus keraguan dalam pikiran lewat gerakan pernapasan dan meditasi.

Baca Juga: 8 Tips Belajar Yoga untuk Pemula

7. Meningkatkan kehidupan seks

Tidak sedikit penelitian menunjukan jika latihan yoga mampu meningkatkan aktivitas kepuasan seksual. Dan manfaat ini tidak hadir hanya untuk wanita, penelitian menunjukan bahwa kinerja seksual mampu meningkat baik baik perempuan maupu laki-laki ketika mereka melakukan latihan yoga.

8. Membantu otot lebih fleksibel dan seimbang

Dengan rutin melakukan Yoga, dapat membantu kamu tingkatkan keseimbangan dan fleksibilitas otot. Tidak hanya otot, yoga juga mampu tingkatkan keseimbangan pikiran yang sangat berguna untuk ketenangan pikiran.

9. Melancarkan aliran darah

Aliran darah merupakan kunci agar seluruh sel dan organ tubuh bisa berjalan baik. Lewat gerakan yang berfokus pada pernapasan dan konsentrasi, kamu akan merasakan sirkulasi darah yang lebih lancar ke seluruh tubuh. Dan banyak penelitian, jika oga mampu menambah sel hemoglobin dan pasrtikel sel darah merah, dimana ini adalah alat sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Susah Tidur Karena Insomnia? Cobalah YOGA

10. Membuat perasaan lebih bahagia

Siapa yang tidak setuju jika ketenangan terutama dalam pikiran dapat membuat perasaan lebih bahagia, pasti menyenangkan, bukan? Banyak penelitian membuktikan jika latihan yoga dapat tingkatkan perasaan bahagia dalam diri manusia.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk latihan yoga dan nikmati segudang manfaat untuk tubuh kita. Mari sehat dengan pilihan tepat.

Scroll to Top