Makan Ikan Lele Menyebabkan Kanker. Mitos atau Fakta?

By August 16, 2017Lifestyle

SukaSPORT – Pecel lele bisa dibilang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Alasannya karena rasanya yang nikmat dan harganya yang murah. Namun ada juga yang menghindarinya karena dianggap makan ikan lele menyebabkan kanker. Mitos atau fakta? yuk, simak ulasannya.

Sebelum mengulas panjang lebar, seperti dilansir dari laman Hello Sehat, ada yang perlu kamu tahu soal ikan lele. Lele adalah jenis ikan air tawar yang mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh, termasuk protein, asam lemak omega-3, serta vitamin B kompleks.

Jadi, sebenarnya ikan yang memiliki kumis tersebut tidak mengandung racun atau zat berbahaya lain yang bisa menyebabkan timbulnya kanker (karsinogenik) dalam tubuh kita.

Namun, beberapa penelitian juga mengungkapkan ikan lele tertentu memang bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Hal tersebut disebabkan karena ikan lele telah tercemar dengan zat karsinogen.

Penyebab ikan lele terkontaminasi zat karsinogenik adalah karena lingkungan di sekitar tempat pembudidayaan ikan lele tercemar dengan berbagai jenis polutan (bahan penyebab polusi).

Baca juga: Tebak, Sushi Termasuk Makanan Sehat atau Bukan?

Sebuah tim ahli dari University of Pittsburgh School of the Health Sciences di Amerika Serikat membuktikan hal ini dalam penelitiannya.

Para ahli mengambil ekstrak ikan lele yang tumbuh di perairan yang sudah sangat tercemar. Ekstrak ini disuntikkan pada sel-sel kanker payudara di laboratorium. Hasilnya, setelah disuntikkan dengan esktrak ikan lele yang tercemar, ternyata sel-sel kanker tersebut tumbuh jadi berlipat ganda.

Setelah diteliti lebih jauh, ternyata ikan lele tersebut mengandung zat-zat kimia yang bersifat seperti hormon estrogen dalam tubuh manusia. Kadar estrogen yang terlalu tinggi dalam tubuh memang diketahui bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Ikan lele yang diuji oleh tim ahli ini diambil dari perairan yang sudah tercampur limbah pabrik dan limbah manusia.

Baca Juga: Diet Jus atau Sup? Tebak Mana yang Lebih Sehat

Apakah kita masih boleh mengonsumsi ikan lele?

Tenang, jangan parno dulu, Ikan lele pada penelitian tersebut karena sudah tercemar dengan berbagai polutan. Namun jika dibudidayakan degan baik dan benar, ikan lele akan aman untuk dikonsumsi.

Saat ini, peternakan lele di Indonesia sudah diatur dan diawasi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Bahkan Pemerintah telah menerapkan berbagai syarat khusus bagi yang ingin membudidayakan ikan lele. Misalnya sumber air, kebersihan fasilitas, penggunaan bahan kimia, pakan lele, dan lain-lain. Syarat ini diatur dalam CBIB (Cara Budidaya Ikan yang Baik).

Tips aman mengonsumsi ikan lele

Jika kamu masih ragu untuk mengkonsumsi ikan lele, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko terkena kanker dari memakan lele.

Pertama, batasi mengkonsumsi lele dalam seminggu. ikan lele aman untuk dikonsumsi sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu. Kedua, Kamu juga bisa membuang kulit ikan lele sebelum diolah jadi masakan. Kulit ikan biasanya bagian yang paling mudah tercemar oleh zat-zat polutan di perairan kotor.

Selain itu, sebaiknya juga mengkombinasikan pilihan lauk-pauk kamu setiap hari. Semakin bervariasi, semakin kaya dan seimbang pula asupan nutrisi bagi tubuh kita.

 

aktor jago beladiri aktris jago beladiri

Leave a Reply