Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Saat Membentuk Perut Sixpack

By August 22, 2017Sports

SukaSPORT – Siapa yang tak ingin memiliki perut sixpack? memiliki bentuk tubuh ideal pastinya menjadi idaman banyak orang. Latihan sit up menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk membentuk perut sixpack. Tapi tahukah kamu, ada banyak kesalahan fatal yang sering dilakukan saat membentuk perut sixpack.

Bahkan nggak hanya pria yang berusaha membentuk perutnya, wanita pun memiliki keinginan yang sama besar untuk membentuk otot-otot tubuh, terutama pada bagian perut.

Seperti dilansir dari laman Hello Sehat, beberapa cara yang umum dilakukan untuk memiliki perut sixpack adalah dengan berlatih di tempat kebugaran, angkat beban, latihan kardio, serta diet. Namun, apakah seluruh cara tersebut merupakan cara tepat untuk dilakukan?

Baca Juga: Trik Hilangkan Perut Buncit dengan Plank

1. Latihan hanya terfokus pada crunch dan sit-up

Mitos yang beredar di masyarakat adalah bahwa sit-up dan crunch merupakan cara yang paling baik untuk menghasilkan perut sixpack. Bahkan banyak orang yang memiliki rutinitas sit-up sebanyak 100 kali setiap harinya. Hal ini sebenarnya tidka disarankan maupun tidak dibenarkan oleh para ahli kebugaran.

Latihan crunch dan sit-up tidak banyak membakar kalori per menitnya. Sit-up dan crunch lebih berfungsi untuk menguatkan otot perut. Latihan tersebut pun akan bercuma jika masih banyak terdapat lemak di lapisan perut.

2. Hanya fokus melatih otot perut

Mitos yang paling banyak mengenai perut sixpack adalah bahwa kita harus fokus pada latihan perut dan menggunakan alat-alat fitness untuk membentuk otot perut. Semua orang mencari cara yang mudah, padahal kenyataannya, satu-satunya cara untuk membentuk otot perut yaitu dengan menurunkan persentase lemak pada tubuh (10% pada pria dan 14% pada wanita).

Latihan otot perut memang diperlukan, tapi kamu juga harus memperhatikan bagian tubuh yang lain. Ini akan sangat bermanfaat karena kamu mungkin tak menyadari bahwa melatih otot perut sebagai otot sekunder akan lebih mudah dilakukan daripada hanya fokus terhadap latihan membentuk otot perut.

Baca Juga: 10 Latihan Fitness yang Bisa Dilakukan di Rumah

3. Terlalu banyak berlatih kardio

Cara lain yang salah saat mencoba membentuk perut sixpack adalah melakukan latihan kardio selama berjam-jam untuk mendapatkan otot perut ideal.

Pada kenyataannya, latihan kardio malah akan membakar kalori, dan latihan interval dapat mempercepat tingkat metabolisme, sehingga kamu akan mengalami tingkat pelepasan lemak yang cepat sepanjang keseluruhan latihan di hari tersebut.

Namun, latihan kardio bukan satu-satunya cara untuk menghilangkan lemak di perut. Latihan angkat beban yang intens dan rencana diet yang baik akan lebih berhasil ketimbang latihan kardio.

4. Berhenti olahraga setelah punya perut sixpack

Ketika berhasi memiliki perut sixpack, nggak sedikit orang yang memilih untuk tidak melatih otot perutnya. Dengan menghentikan latihan, justru akan membuat perut sixpack kamu menghilang.

Seperti kata pepatah yang menyebutkan mempertahankan sesuatu lebih sulit daripada meraihnya. Hal tersebut juga berlaku pada perut sixpack. Mempertahankan bentuk otot perut kamu bukanlah hal yang mudah.

Baca Juga: Cara Mudah Bentuk Perut Sixpack Tanpa ke Gym

5. Terobsesi pada bentuk perut kotak-kotak

Faktor genetik ternyata juga menentukan apakah kamu memiliki bakat berperut sixpack layaknya Cristiano Ronaldo. Pada beberapa orang, otot perut akan berbentuk kotak-kotak secara merata, tapi pada beberapa orang lannya tidak.

Untuk sebagian orang, kotak-kotak perut akan simetris, namun sebagian lagi tidak. Sehingga, kita tidak bisa menentukan sendiri bentuk otot perut di tubuh kita.

6. Hanya fokus pada satu latihan saja

Ada beberapa variasi latihan yang bisa kamu lakukan untuk melatih otot perut. Ketika kamu melakukan satu jenis latihan tertentu saja, otot-otot perut akan terbiasa dan kebal dengan stimulus dan gerakan tersebut, sehingga kamu harus mengganti metode latihannya untuk memberikan muscle confusion (kebingungan otot).

7. Mengabaikan otot perut atas dan bawah

Otot yang membentuk sixpack adalah otot bernama rectus abdominis. Secara teknis, kamu tidak dapat mengabaikan otot bagian atas dan bawah.

Namun, yang dapat kamu lakukan adalah menekankan pada bagian-bagian tertentu dengan memilih latihan yang tepat.

Baca Juga: Pentingnya Menggunakan Jasa Personal Trainer

Intinya, membentuk otot perut nggak hanya bisa dilaukan dengan latihan sit up semata. Diperlukan kedisplinan dan keinginan yang kuat untuk mencapai apa yang kamu inginkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal cobalah menggunakan jasa personal trainer. Temukan pelatih yang bisa bikin perut kamu sixpack hanya di SukaSPORT. 

nutrisi pembentuk otot

Leave a Reply