3 Efek Samping Keseringan Olahraga Malam Hari

Padatnya pekerjaan di kantor sering menjadi alasan kita lebih memilih olahraga pada malam hari dibanding di pagi hari. Tetapi jika sering dilakukannya setiap malam hari, apakah olahraga tetap bisa membuat sehat? Yuk disimak efek samping keseringan olahraga malam hari.

Meski menyehatkan, olahraga pada malam hari juga punya “efek samping” yang nggak baik untuk kesehatan tubuh kamu. Kenapa nggak baik bagi kesehatan? Karena ada hubungannya dengan jam biologis tubuh.

Ketika kamu berolahraga di malam hari, membuat waktu jam biologis berubah. Sehingga mengacaukan metabolisme tubuh dan juga waktu fungsi tubuh dimana pada malam hari seharusnya tubuh beristirahat.

Baca Juga: Manfaat Olahraga di Pagi Hari

Akibatnya tubuh malah mudah sakit dan kamu akan merasa cepat capek. Lalu, apa saja dampak kesehatan yang timbul akibat suka olahraga malam hari? Simak penjelasannya di bawah ini seperti dilansir dari Hello Sehat.

1. Berkurangnya daya tahan tubuh

Olahraga malam hari bisa membuat daya tahan tubuh malah berkurang, karena kamu kehilangan banyak energi setelah seharian beraktivitas. Jika ditambah dengan aktivitas olahraga di malam hari, akan membuat tubuh bekerja tanpa jeda.

Apalagi jika kamu memaksakan olahraga yang tergolong berat yang membutuhkan banyak tenaga seperti olahraga angkat beban. Hal tersebut justru akan membuat daya tahan tubuh melemah, kamu pun akan lebih mudah terkena flu atau demam.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sakit Badan Setelah Berolahraga

2. Mudah merasa sesak napas

Udara malam mengandung oksigen yang lebih sedikit dibanding pagi atau sore. Nah, berolahraga ketika kadar oksigen lingkungan sedang minim membuat tubuh kamu jadi gampang lelah.

Pasalnya, semua aktivitas olahraga membutuhkan banyak pasokan oksigen agar pernapasan dan aliran darah ke jantung menjadi lancar. Maka nggak heran, banyak ahli kesehatan yang nggak merekomendasikan kamu berolahraga malam-malam. Kekurangan oksigen saat berolahraga ini bisa memicu sesak napas setelahnya.

3. Kesulitan tidur

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, olahraga malam hari akan merubah jadwal biologis tubuh. Nah, efeknya jika berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur akan membuat kamu jadi sulit tidur. Cara mengatasinya mudah, hindari melakukan olahraga yang berat. Berjalan kaki selama 30 menit sudah cukup kok.

Sebetulnya hal ini bisa diatasi dengan tidak memaksakan olahraga terlalu berat. Jadikan kegiatan berlatih kebugaran di malam hari ini menjadi olahraga yang santai dan menyenangkan.

Baca Juga: Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Olahraga malam hari sebenarnya nggak dilarang, meski sebaiknya dihindari. Tetapi, jika kamu memang benar-benar hanya mempunya waktu berolahraga di malam hari, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum memulai olahraga.

Pertama, sebaiknya melambatkan ritme olahraga dari yang biasa kamu lakukan di pagi atau sore hari. Kurangi juga kecepatan dan jarak yang kamu tempuh. Kenapa begitu? Karena akan memudahkan kamu untuk mengatur pernapasan, detak jantung dan menjaga kadar hormon tetap normal.

Terakhir, jangan lupakan pemanasan dan pendinginan. Keduanya, sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh kamu. Pemanasan sangat berguna untuk mengendurkan otot, memperbaiki sirkulasi darah, dan membantu kamu mempersiapkan tidur lebih nyenyak setelahnya. Keep healthy guys!

Scroll to Top