5 Olahraga yang Bikin Langsing Usai Melahirkan

Kembali langsing setelah melahirkan mungkin menjadi dambaan bagi para bunda. Tenang aja, semua itu nggak bakalan jadi angan-angan semata. Kami punya tips 5 olahraga yang bikin langsing usai melahirkan nih.

Olahraga setelah melahirkan mungkin jadi hal yang paling dihindari. Kenapa ? ada sebagian bunda yang takut karena bisa mengurangi jumlah ASI. Ada juga yang bilang olahraga setelah melahirkan bisa bikin basi ASI. Hhmm, oke mulai sekarang coba buang jauh-jauh pikiran negatifnya dan langsung berolahraga deh.

Sebelum memulai olahraga, pastikan dulu kondisi bunda sudah cukup sehat dan fit. Biasanya, membutuhkan waktu 3 minggu sampai satu bulan setelah persalinan agar bisa berolahraga. Bagi yang melakukan persalinan caesar bisa memakan waktu lebih lama daripada yang normal.

Setelah itu, mulailah lakukan olahraga yang sesuai dengan kemampuan bunda. Nah, kami sudah mengumpulkan dari berbagai sumber olahraga yang bikin langsing usai melahirkan. Yuk, disimak ya.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Rasa Malas Olahraga

1. Jalan kaki

Membiasakan olahraga ringan merupakan cara yang paling efektif membakar kalori untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Karena dengan olahraga teratur, otot-otot yang kendor akan kembali kencang. Bisa juga dicoba berjalan kaki bersama si kecil sambil mendorong stroller di pagi hari.

Bunda cukup jalan kaki selama 30 menit setiap harinya. Jalan kaki juga aman lho, buat bunda yang melahirkan secara caesar.

2. Senam Kegel

Setelah jalan kaki bareng si kecil, bunda bisa mencoba olahraga ringan setelah melahirkan seperti senam kegel. Gerakan-gerakan pada senam kegel dapat mengencangkan otot panggul bawah yang “longgar” selama kehamilan dan otot-otot di bawah rahim, usus besar dan kantong kemih.

Caranya juga dijamin nggak bikin ribet kok bun, karena tidak memerlukan alat maupun instruksi khusus sehingga bisa dilakukan sendiri di rumah. Dan, aman untuk bunda yang melahirkan dengan cara caesar. Bunda juga bisa googling di smartphone mengenai cara latihannya.

Baca Juga: 10 Cara Latihan Perut di Rumah

3. Yoga

Olahraga setelah melahirkan yang satu ini memang terkenal punya sejuta manfaat nih. Jika kemarin kami membahas manfaat yoga saat hamil, sekarang giliran khasiat yoga buat bunda pasca melahirkan.

Yoga mampu melatih tubuh menjadi lebih rileks sehingga membantu tubuh dalam proses metabolisme secara efektif. Selain itu juga bisa menghindarkan bunda dari efek baby blues.

Nggak perlu lama-lama, cukup 10-20 menit sehari kok. Paling bagus dilakukan setelah bangun tidur. Atau kalau mau lebih intens latihannya, bunda bisa mencari trainer yoga profesional.

4. Pilates

Pilates juga termasuk salah satu olahraga ringan setelah melahirkan yang bisa dipraktekkan. Olah tubuh ini dapat melatih otot perut dan juga menguatkan panggul agar kembali sejajar dengan tulang belakang, setelah 9 bulan menyokong si kecil di dalam kandungan.

Percaya deh, pilates penting buat bunda yang ngurusin si kecil sendirian tanpa bantuan baby sitter. Karena membantu menguatkan otot-otot punggung, bahu dan leher, alias menghilangkan pegal-pegal bunda seharian mengurus buah hati. Dijamin deh, pilates bisa membuat tubuh kembali langsing dan semampai dalam waktu singkat!

5. Olahraga Air

Buat bunda yang melahirkan secara caesar kayaknya “wajib” mencoba olahraga ini. Menurut ahli kesehatan, berenang merupakan olahraga yang paling ampuh mengecilkan perut setelah melahirkan secara bagus dan aman.

Kok bisa? Nah, begini alasannya, karena olahraga air adalah olahraga yang ramah terhadap sendi dan otot. Jadi, sangat dianjurkan oleh para dokter untuk berenang sehabis melahirkan. Sering-sering main ke kolam renang ya, bun.

Baca Juga: 10 Kolam Renang di Jakarta yang Bagus

Sudah jelas dengan pembahasan di atas? Kuncinya, jika ingin mengecilkan perut setelah melahirkan dalam waktu singkat, lakukan olahraga secara rutin setiap hari. Atau bisa juga didampingi personal trainer handal sebagai trainer kamu.

Scroll to Top