8 Tips Belajar Yoga untuk Pemula

Perut buncit sudah menjadi public enemy bagi para pria. Apalagi, bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Bukan sulit sebenarnya, tapi banyak yang nggak menyadari kesalahan yang bikin perut buncit susah hilang

Bahkan, sebagian besar melakukan olahraga “mati-matian” untuk bisa mengubah perut buncitnya menjadi perut six pack tapi tak jua membuahkan hasil yang diinginkan.

Hasil tersebut menunjukkan ada kesalahan dalam program latihan kamu. Mau tahu kesalahan apa saja yang kamu sering lakukan saat membakar lemak di perut? berikut penjelasannya:

1. Kamu hanya berlatih sit up

Sit up memang sangat bermanfaat untuk mengencangkan otot di perut. Tetapi, jika kamu hanya melakukan hal tersebut tanpa ada variasi program latihan lainnya, maka sudah dipastikan kamu telah gagal. Salah satu cara menghilangkan lemak di perut bisa dengan berlatih crunch.

Banyak program latihan yang bisa membantu membakar lemak khususnya di bagian perut. Kamu bisa mencoba Crunch, yang sama ampuhnya membakar lemak di bagian pinggang hingga perut. Atau kamu bisa mencoba gerakan Bicycle Maneuver dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 10 Latihan Fitness yang Bisa Dilakukan di Rumah

2. Berolahraga setiap hari

Ingin membuat perut six pack bukan berarti kamu harus berlatih setiap hari tanpa mengenal waktu. Bukannya perut buncit menghilang, malah tenaga kamu yang menghilang. Justru hal tersebut dapat berbahaya dan bisa menimbulkan cidera.

Menurut para ahli, setelah selesai berolahraga, tubuh kamu membutuhkan waktu minimal dua hari untuk beristirahat. Dua hari tersebut otot pada tubuh kamu akan kembali meregenerasi dan kembali menguat. Program latihan untuk membakar lemak di perut sebaiknya dilakukan 2 – 3 kali seminggu.

3. Melatih otot tanpa latihan kardio

Latihan otot memang ditujukan untuk membentuk otot kamu termasuk di bagian perut. Namun tanpa dibarengi dengan latihan, maka percaya deh, hasilnya nggak akan maksimal.

Latihan kardio seperti jogging, bersepeda dan berenang merupakan salah satu olahraga untuk mengecilkan perut, sudah terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan. Kamu bisa mencoba latihan kardio, kamu bisa memilih salah satu latihannya, cukup 30 menit, dua kali dalam seminggu.

4. Hanya melatih otot perut

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dalam membakar lemak di perut, kamu nggak bisa fokus hanya di bagian tersebut. Kamu juga harus melatih otot-otot lain agar terjadi keseimbangan dalam tubuh.

Coba bayangkan jika hanya perut kamu saja yang terlihat six pack, tapi bagian tubuh lainnya terlihat tak berotot. Sebaiknya cobalah program latihan yang mengharuskan kamu menggerakan seluruh tubuh. Banyak gerakan yang membakar lemak di perut.

5. Bobot latihan beban terlalu ringan

Agar lebih banyak lemak yang terbakar, kamu harus membiasakan melatih beban yang lebih berat dari biasanya. Menaikkan beban lebih berat 10 % masih aman untuk kamu lakukan kok.

Namun, latihan dengan beban yang lebih berat harus dilakukan secara perlahan. Agar tubuh dapat beradaptasi dengan beban latihan tersebut dan tentunya menghindari cidera.

Baca Juga: 4 Olahraga yang Bikin Pipi Tembem Menghilang

6. Hanya mengandalkan diet

Anda hanya mengandalkan diet membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Tetapi diet tanpa melakukan olahraga justru akan membuat tubuh menjadi nggak sehat.

Memang, berat badan akan turun drastis, tapi dijamin otot-otot kamu tak akan bertenaga. Usahakan, selain berdiet ditambah olahraga rutin adalah cara ampuh menghilangkan lemak di perut.

7. Nggak mau konsultasi dengan ahlinya

Kebiasaan satu ini mungkin yang paling banyak dilakukan orang-orang. Jangan cepat merasa puas dengan hanya menyaksikan tutorial mengecilkan perut di Youtube dan berselancar di dunia maya. Untuk hasil maksimal, nggak ada salahnya kamu langsung berkonsultasi seperti dokter atau bisa ke personal trainer.

Baca Juga: 5 Tips Olahraga Bagi Penderita Obesitas

Mengecilkan perut buncit memang bukanlah hal yang mudah, tapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Diperlukan konsistensi serta niat yang kuat untuk mengecilkan perut. Jangan lupa juga dengan asupan nutrisi yang yang tepat. Selamat mencoba.

Scroll to Top