Rekomendasi 7 Jus yang Ampuh untuk Turunkan Berat Badan

Minum jus sudah jadi gaya hidup baru dalam masyarakat, bahkan jadi tren penurun berat badan. Meski begitu, perlu diteliti lebih dalam kemampuannya menurunkan berat badan. Jika efektif, perlu diketahui lebih lanjut, jenis buah apa yang ideal sebagai sarana penurun berat badan.

Jus buah dan sayuran nyatanya bisa menurunkan berat badan kamu. Namun, ada yang perlu disesuaikan saat mengaplikasikannya dalam program diet kamu. Jus tidak bisa jadi komponen tunggal menu diet, tanpa melibatkan asupan protein, karbohidrat, dan lemak. Kenapa? Jus hanya sebagai penambah serat dan daya tahan tubuh.

Jika hanya mengonsumsi jus, tanpa ditunjang makro nutrien lain, kamu akan lemas dan tidak dapat beraktivitas dengan maksimal. Jus dapat membantu meluruhkan lemak karena kandungan seratnya mengisi lambung dengan cepat, sehingga kamu akan kenyang dengan porsi atau kalori makanan yang sedikit. Selain itu, serat juga berperan untuk menghalangi penyerapan lemak oleh tubuh.

7 Jus untuk menurunkan berat badan

Jus yang benar untuk menurunkan berat badan adalah yang mengandung serat, bukan air dari buah tersebut. Jus sebaiknya dikonsumsi 2 hingga 3 kali sehari sebagai pengganti makanan ringan atau snack. Agar penurunan berat badan bisa berjalan, jus harus mengandung protein dan lemak.

1. Jus apel

Apel adalah buah yang memang terkenal berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Bukan tanpa alasan, apel memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dapat memperlancar pencernaan dalam tubuh sehingga lemak tak akan menumpuk di perut.

Nutrisi pada buah ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh. Indeks glikemiknya juga terbilang rendah sehingga ampuh menurunkan kadar gula dalam darah dan dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dibandingkan makanan lainnya.

Agar rasa dan juga hasilnya lebih memuaskan, buatlah jus apel yang dicampur dengan jeruk dan seledri. Cara membuatnya, campurkan 5 ukuran sedang buah apel, 2 buah jeruk, dan 2 tangkai seledri. Blender semua bahan sampai halus dan tercampur rata.

2. Jus nanas

Rasanya rugi sekali jika kamu melakukan diet tapi tidak mencoba mengkonsumsi jus nanas yang nikmat dan segar. Buah nanas memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dan nafsu makan kita jadi lebih terkontrol.

Nanas juga mengandung banyak sekali nutrisi sehingga pada saat kita ingin menurunkan berat badan, tubuh kita tidak akan kekurangan asupan nutrisi sedikit pun. Karena kandungan seratnya yang tinggi, nanas dapat memperlancar proses pencernaan, sehingga lemak tidak akan menumpuk di perut.

Supaya kamu tak bosan dengan jus nanas biasa, cobalah untuk mengkombinasikan dengan bahan lain yang juga baik untuk dikonsumsi saat diet. Buatlah jus nanas yang dicampur dengan 1 sdm jahe dan 1 sdm yogurt yunani. Rasanya yang nikmat akan membuat program diet kamu menjadi lebih menyenangkan.

3. Jus jeruk

Siapa sih yang tidak tahu manfaat dan kandungan di dalam buah jeruk yang notabenenya adalah buah yang kaya akan vitamin C. Buah yang bisa dijadikan sebagai jus untuk penurunan berat badan yang satu ini merupakan buah yang sangat bagus, karena kandungan enzim yang ada di dalamnya dapat membakar lemak, kemudian juga dapat mengontrol gula darah dan juga menurunkan tingkat insulin.

4. Jus anggur merah

Anggur merah merupakan buah yang kaya potasium dan vitamin C untuk menunjang keberhasilan penurunan berat badan kamu. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika menambahkan menu jus anggur merah sebagai variasi lain minuman yang menyehatkan.

5. Jus tomat

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, pasti sudah tidak asing dengan jus tomat. Hal ini dikarenakan jus tomat hanya mengandung 53 kalori dan berbagai nutrisi penting, seperti potasium, lycopene, vitamin C, dan beta-karoten yang berguna menjaga kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Passion cocktail

Selain buah-buahan di atas, makanan yang bisa menurunkan berat badan lainnya adalah cocktail. Ternyata banyak juga lho yang belum tahu jika cocktail ternyata bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Tapi, yang nggak menggunakan alkohol, lho ya! Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah kok. Yang harus kamu siapkan adalah 300 gram nanas, empat buah strawberry, dan beberapa buah anggur. Buat juga jus dari bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi. Selain segar dan menyehatkan, cocktail juga efektif membantu kamu menurunkan berat badan.

7. Jus kombinasi

Siapkan 4 sendok makan plain yogurt, 5 buah strawberry, 1 buah pisang beku, potong-potong, 2 sendok teh selai kacang, setengah gelas air, dan sedikit es batu. Kemudian blender semua bahan hingga halus. Minum saat pagi atau siang hari yang panas. Kamu bisa juga membuat kombinasi jus dengan beberapa buah dan sayur, seperti mangga, nanas, wortel, dan bayam.

Diet ternyata bukan hanya untuk meluruhkan lemak yang ada dalam tubuhmu. Diet yang baik adalah yang mampu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Racun yang mengendap dalam tubuh bisa datang dari mana saja. Mulai dari bahan pengawet yang ada pada makanan, lemak jenuh, hingga nikotin, atau kandungan berbahaya lainnya. Cara membersihkan racun dalam tubuh, salah satunya adalah dengan menggunakan jus sayur dan buah. Kamu bisa membuat jus dari empat buah wortel, satu buah mentimun, dan akar bit.

Scroll to Top