6 Manfaat Yoga Bagi Produktivitas Kerja

Manfaat yoga tidak hanya berguna bagi kesehatan tubuh saja. Tetapi, yoga juga dapat menjaga stabilitas produktivitas kerja kamu. Bahkan, praktis fisik, mental, dan spiritual yang sudah ada sejak zaman hindu ini dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Memang, produktivitas kerja sangat berpengaruh bagi karier kamu. Jika produktivitas kerja kamu rendah, akibatnya bisa macam-macam. Mulai dari semangat kerja menurun, kerap tidak fokus, hingga atasan merasa tidak puas, hingga menimbulkan masalah pribadi antar karyawan.

Jika kamu atau temanmu berada di lingkaran produktivitas kerja rendah, sudah saatnya move on. Banyak cara untuk memperbaiki produktivitas kerja. Salah satunya dengan yoga. Bila kamu tidak percaya, kami punya 6 alasan mengapa yoga begitu bermanfaat bagi produktivitas kerja.

1. Manfaat Yoga Untuk Meningkatkan Energi dan Mengurangi Kelelahan

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa duduk lebih dari 5 jam dapat merusak produktivitas kerja. Kenapa? Karena badan akan terasa kaku sehingga aliran darah tidak lancar. Selain itu, duduk lebih dari 5 jam kabarnya memiliki dampak kesehatan yang sama seperti mengonsumsi satu bungkus rokok!

Berdiri atau melakukan peregangan, maupun aktivitas fisik setiap 30 menit dapat meningkatkan peredaran darah. Tapi, melakukan gerakan yoga sederhana di sela-sela kerja adalah cara hebat untuk menghindari kelelahan.

2. Manfaat Yoga Untuk Meredakan Penyakit Fisik

Jika kamu menderita sakit, nyeri atau masalah fisik serius, produktivitas kerja pasti menurun. Apapun jenis pekerjaanmu, kamu akan terus-menerus memikirkan rasa sakit itu.

Salah satu manfaat yoga adalah meringankan rasa sakit. Bahkan, yoga juga dapat menjadi terapi mengatasi masalah cedera otak traumatis. Jika bisa membantu meredakan masalah seserius itu, bayangkan apa yang dapat yoga lakukan jika kamu hanya sakit kepala biasa, leher tegang, bahu kaku maupun nyeri sendi.

Baca juga Tips Awet Muda Dengan 6 Sarapan Sehat

3. Manfaat Yoga Untuk Meredakan Stres

Sudah pasti, manfaat yoga yang paling sering kamu dengar adalah meredakan stres. Dalam dunia kerja, stres adalah faktor utama lain yang mempengaruhi kesehatan karyawan. Stres mental dan emosional sudah pasti dapat menjatuhkan produktivitas kerja mereka.

Lebih buruk lagi, stres dapat memperburuk penyakit fisik seperti pilek, alergi, sakit kepala, hingga kanker! Tentu saja hal ini meningkatkan jumlah absensi karyawan. Artinya, perusahaan bisa merugi. Jadi, mengatasi stres adalah hal penting bagi karyawan dan bisnis.

4. Manfaat Yoga Untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Pekerjaan menumpuk, meeting yang tak kunjung usai, ditambah hiruk-pikuk tempat kerja tanpa sadar dapat mengacaukan mental pekerja. Akhirnya, konsentrasi berantakan dan produktivitas kerja menurun.

Meditasi dan latihan pernafasan yoga membantu membungkam kebisingan. Kamu bisa menjadi lebih sadar, waspada, dan fokus. Dengan produktivitas kerja yang bagus, tak menutup peluang promosi jabatan lho!

Baca Juga: Susah Tidur Karena Insomnia? Cobalah YOGA

5. Manfaat Yoga Untuk Membantu Membangun Kreativitas

Selain meningkatkan konsentrasi dan fokus, manfaat yoga juga sangat baik untuk kesehatan pikiran. Dengan pikiran yang sehat, kreativitas dan energi dapat mengalir lebih baik. Tentunya, kreativitas kamu tak akan keluar ketika pikiranmu tertutup. Benar kan?

6. Meningkatkan Moral dan Pola Pikir Positif

Logikanya seperti ini, ketika fisik, mental dan emosi berjalan baik dan seimbang, maka moral juga oke. Jika kamu fokus dan enerjik, kamu memiliki pola pikir positif yang kuat. Begitu juga bila kreativitas kamu berjalan lancar, rasa percaya dirimu ikut melambung.

Tentunya, situasi-situasi tersebut akan membuat kamu lebih tanggung jawab terhadap pekerjaan. Hubunganmu dengan klien pun lebih lancar. Pastinya, interaksimu dengan sesama karyawan juga menjadi lebih baik.

Karyawan yang sehat, santai dan fokus terbukti lebih produktif dan efektif. Semua orang bisa melakukan itu kok. Termasuk kamu. Jadi, tak ada salahnya melakukan beberapa peregangan yoga sederhana. Kamu bisa melakukan itu di mana saja. Baik itu di ruang kerja saat istirahat, maupun di luar ruangan sambil menghirup udara segar.

Poin keenam ini sekaligus menutup artikel kami. Tidak ada salahnya bukan jika kamu menawarkan kelas yoga di tempat kerja? Dengan biaya kelas yang murah dan efektif, karyawan akan bahagia dan memiliki produktivitas kerja yang bagus. Tentunya, perusahaan tempat kamu bekerja akan jauh dari kata rugi.

Scroll to Top