5 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja

Mengantuk adalah hal yang wajar dan sering dialami banyak orang, terutama saat-saat kamu tengah menjalani aktivitas bekerja. Pekerjaan yang menumpuk dengan mobilitas yang tinggi biasanya banyak menyita waktu tidur. Kondisi inilah yang akan menyebabkan ngantuk berlebih ketika bekerja keesokan harinya.

Tips dan cara menghilangkan rasa kantuk saat bekerja

Dengan adanya rasa ngantuk pasti sangat mengganggu konsentrasi kamu saat bekerja. Untuk itu berikut beberapa cara menghilangkan ngantuk yang kerap ganggu aktivitas bekerja.

1. Air putih

Dehidrasi atau kurangnya asupan air dalam tubuh dapat memicu kelelahan dan rasa ngantuk. Jadi pastikan kamu untuk selalu minum banyak air terlebih pada saat bekerja agar kamu selalu segar. Disamping bisa menjadi obat ngantuk, tentunya kamu akan selalu sehat dengan konsumsi banyak air putih.

2. Dengarkan musik favorit

Mendengarkan musik terbukti dapat mengembalikan mood dan meningkatkan konsentrasi, apalagi itu adalah musik favorit kamu. Dengan kamu mendengarkan musik favorit bisa menjadi cara mudah untuk menghilangkan rasa ngantuk dan bosan. Tapi yang perlu diingat, pilihlah musik dengan irama yang bersemangat agar kamu semakin mudah untuk mengembalikan konsentrasi dalam bekerja.

Baca juga 5 Olahraga Efektif Untuk Bakar Kalori

3. Paparan atau pancaran sinar matahari

Dengan ruangan kerja yang kurang cahaya dan ber-AC akan membuat kamu merasa ngantuk terlebih dengan kegiatan yang cenderung monoton. Dan faktanya mereka yang bekerja dengan paparan atau pancaran sinar matahari jarang mengalami rasa ngantuk berlebih.

Jadi, jika kamu sering mengalami masalah dengan rasa ngantuk saat bekerja ada baiknya berpindah ke meja yang dekat jendela. Jika dirasa sulit, kamu bisa meluangkan sedikit waktu untuk berjalan keluar untuk merasakan paparan sinar matahari.

4. Lakukan olah tubuh sederhana

Luangkan waktu sebentar untuk melakukan peregangan otot dan tubuh dengan cara berikut :

Membungkuklah dengan kaki tetap pada posisi lurus dan biarkan tangan kamu menyentuh ujung jari kaki. Tahan 5-10 detik dan ulangi beberapa kali.

Dengan posisi duduk, posisikan kedua tangan di pinggul dan rapatkan kedua kaki. Busungkan dada tanpa mengubah pandangan mata atau posisi kamu. lalu rasakan penegangan pada dada saat kamu menarik tulang bahu secara bersamaan ke arah belakang. Upayakan untuk menahan peregangan selama 10 detik, setelah itu kamu bisa melemaskan tubuh kembali.

5. Konsumsi cemilan sehat

Rendahnya kadar gula akan menyebabkan tubuh kamu merasa lemas. Di saat inilah cemilan dapat berfungsi meningkatkan energy. Untuk pilihan cemilan kamu bisa memilih buah potong seperti semangka, melon atau jeruk, selain itu kamu bisa memilih kacang-kacangan atau snack dengan gandum utuh.

Namun yang perlu di ingat hindari makanan dengan kadar gula tinggi atau makanan dengan high GI (Glycemic Index) karena justru akan membuat kamu lebih ngantuk.

Dengan olahraga dan pola hidup yang sehat pastinya akan memberikan banyak manfaat di masa sekarang dan akan datang. Mungkin kamu bisa mencoba olahraga renang, jogging atau bersepedah.

Scroll to Top